Cara Mengatasi Postingan Tidak Muncul Di Halaman Utama (HomePage)

Apakah postingan sobat hilang di HomePage atau tidak tampil bahkan ada beberapa postinga yang tidak muncul, tenang doptutorial sudah punya solusinya.


Masalah yang yang kerap ditemui oleh pengguna Blogger (Blogspot) awam seperti saya adalah sebagian postingan tidak tampil di homepage.

Jumlahnya tidak sama dengan pengaturan yang sudah kita tentukan atau ada sebagian postingan yang hilang atau tidak muncul. Hal ini mengakibatkan tampilan template akan terkesan terpotong.

Contoh kamu sudah setting jumlah post 10, tapi saat kita cek, postingan hanya tampil satu di home? Kok bisa, oke kita cari tahu dulu apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Penyebab


Menurut pengalaman saya ada 4 penyebab yang menjadi artikel kita hanya muncul sebagian di halaman utama, dan keempat penyebab yang wajar terjadi pun sudah saya temukan solusinya, oleh karena itu mari kita simak baik-baik berikut ini.

  1. Kemungkinan Ada kode HTML yang tidak terbungkus sempurna. 
  2. Karena artikel ditulis menggunakan Ms.Word kemudian disalin ke dalam text editor Blogger. Maka hal tersebut ada kemungkinan sebagian tulisan tidak terkonversi dengan benar yang akibatnya ada tag HTML yang belum tertutup dengan benar.
  3. Ketika menuliskan sebuah javascript langsung di dalam artikel.
  4. Memang sobat sengaja mengatur artikel dihomepage untuk tampil sedikit, misalnya satu saja.
Jika sahabat doptutorial tahu penyebab - penyebab yang lain, sahabat doptutorial bisa tulis di kolom komentar.

Cek Pengaturan Blogger


Hal pertama, sobat cek dulu pengaturan blog kalian. Siapa tahu sahabat doptutorial sendiri yang memang mengatur agar jumlah artikel di homepage cuma tampil sedikit misal 1 atau 2 saja. Dan sobat lupa mengubahnya kembali. Untuk  poin ini sobat pergi ke menu pengaturan kemudian cari menu postingan. Setting sesui keinginan. 


Cara kedua adalah melalui menu tata letak atau Layout kemudian cari menu Blog Post. Tap tulisan Edit atau icon pensil yang terdapat pada kotak tersebut.


Lihat Jumlah postingan di halaman utama (Number of posts on main page) kemudian set sesui keinginan.

Jika sudah selesai kemudian klik simpan.

Jika belum berhasil juga dan sebagian postingan  tidak tampil lanjut langkah di bawah ini.

Solusi Untuk Mengatasinya


Untuk memperbaiki kesalahan pada code-code yang tersangkut ternyata sangat mudah. Sobat Cukup gunakan fitur bawaan blogger yang bernama Jump Break. Cara yang ini memang benar-benar jitu karena terbukti work untuk menyembuhkan code error yang terjadi. 

Jump Break sendiri adalah fitur sederhana bawaan dari Blogger untuk memotong artikel di homepage.
Sobat bisa terapkan Jump Break di akhir paragraf pertama! Untuk penggunaannya bisa menggunakan Compose maupun HTML.

1. Menggunakan Compose
Arahkan cursor pada bagian akhir paragraf pertama. Kemudian klik ikon kertas sobek, update blogger baru  yaitu strip garis di tengah seperti yang tertera di gambar. Itu adalah ikon untuk fitur Jump Break. Kemudian akan muncul garis patah-patah. 


2. HTML
Jika sahabat doptutorial lebih suka menulis langsung di mode HTML, Jump Break bisa disisipkan dengan menuliskan kode pemanggilnya seperti ini

<!--more-->

Posisinya juga sama seperti sebelumnya, yaitu diletakkan di akhir paragraf pertama. LIHAT GAMBAR


Ms.Word memang menjadi penyebab paling sering terjadinya error ini. Ms.Word bukanlah program text editor melainkan word processor. 

Jika sahabat doptutorial menyalin semua isi tulisan di Ms.Word dan di salin ke Blogger, maka hal yang akan terjadi yaitu tidak hanya teks saja yang tersalin pada blogger, akan tetapi kode HTML yang ada di dalamanya pun akan ikut nyangkut tersalin.

Contohnya, ketika sobat menulis paragraf di Ms.Word, maka saat kita salin ke Blogger, maka paragraf tersebut akan tampil lengkap dengan kode HTML didalamnya secara otomatis. Biasanya kodenya seperti ini ketika dicek di mode HTML.

<p>Ini paragraf pertama</p>
<p>Ini paragraf kedua</p>    

Contoh ketika sobat membuat table di Ms.Word. dan ketika sobat menyalinya maka table tersebut akan berubah menjadi kode HTML.

Ada kemungkinan kode HTML itu tidak tertutup sempurna ketika disalin di blog. bisa jadi karena tidak cocok kode yang ada di Ms.Word dengan kode di Blogger.

Gunakan saja text editor yang benar-benar valid HTML seperti Notepad++, Wordpad, Atom, VS Code, atau Sublime Text.
Menulis langsung di text editor Blogger.

Ahir kata 


Berdasarkan pengalaman saya dengan fitur Jump Break yang sudah saya jelaskan di atas sudah bisa memperbaiki masalah postingan tidak tampil di HomePage. 

Jika artikel ini membantu silahkan tinggalkan jejak dan berlangganan situs ini karena masih banyak tips tips menarik dari doptutorial. Demikian tutorial cara memperbaiki postingan yang tidak muncul di HomePage.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email