Widget HTML Atas

Penting!! Persiapan sebelum factory reset atau kembali ke pengaturan awal

Penting!! Persiapan sebelum factory reset atau kembali ke pengaturan awal



Apakah anda akan melakukan factory reset android?., Doptutorial ada tips yang wajib di pelajari sebelum anda melakukan factory reset atau kembali ke pengaturan pabrik.

Sobat pasti sudah tau kan yang namanya Android, atau bahkan sobat sekarang sedang menggunakannya. Android memang bisa di gunakan untuk berbagai hal. 

Tapi apakah sobat pernah mengalami android sobat eror, hang, atau hp sobat lambat atau lemot, itu bisa di sebabkan karena berbagai penyebabnya, contoh terkena virus atau data cache yang menumpuk.

Ngomongin soal virus, pasti dari pihak pembuat Android sudah menyiapkan solusinya agar Android yang kita gunakan bisa kembali ke kondisi normal yaitu dengan cara Factory Reset atau mengembalikan ke setelan pabrik. Dengan kita melakukan factory reset maka hp kita akan kembali normal dan fres lagi seperti baru.

Tapi apakah sobat sudah tau kalau kita melakukan factory reset  atau kembali ke pengaturan awal akan menghapus semua file yang sudah kita simpan pada hp kita, termasuk SMS, kontak telepon, aplikasi, chat, foto, dan file penting lainnya yang sudah sobat simpan di memori hp.

Ya walaupun ada cara untuk mengembalikan file yang terhapus, tapi perlu sobat ketahui, tidak semua file yang terhapus bisa di kembalikan, bisa di kembaLikan tapi hanya sebagian saja.

Makanya jika sobat akan melakukan Factory Reset atau kembali ke pengaturan awal, Doptutorial punya tips agar sobat tidak menyesal setelah melakukan factory reset ! Silahkan di simak dengan cermat ya sob.

1. Wajib ingat akun google yang sedang di gunakan

Kenapa harus inget akun google, ya karena setelah sobat selesai melakukan factory reset maka hp sobat akan seperti baru lagi atau seperti awal sobat membeli hp baru, maka akan di minta untuk melakukan login akun google.

Penting.!! Untuk pengguna semartphone keluaran terbaru, apalagi jika sobat mengaktifkan pengaman untuk ponsel android. Wajib ingat akun google dan kata sandi karena nanti akan di minta memasukan akun google yang pertama kali di gunakan.

Jadi untuk ingat akun google dan sandi itu sangat penting karena jika sobat lupa , maka akan fatal , sobat tidak bisa mengakses ponsel sobat karena hanya berhenti di menu login akun google saja. Jika itu semua terjadi hal yang perlu sobat lakukan hanya vrp akun google untuk android sobat.

2.Backup akun sosmed sobat

Untuk yang kedua sebelum melakukan Factory Reset, sobat harus mem-backup chat dari berbagai aplikasi sosmed sobat. Seperti whatsapp, BBM, Line, wechat, dll.

Kenapa ini juga penting? Karena dari kebanyakan orang pasti sering lupa dengan hal ini, dan akan menyesal setelah tahu semua chat pentingnya sudah lenyap. Oleh karena itu sobat juga harus meng-backup akun sosmed sobat.

3.Backup SMS dan Contak

Banyak dari kalian pasti sering melupakan juga denga  hal ini. Setelah hp sobat eror atau hang pasti langkah pertama yang sobat lakukan adalah langsung melakukan factory reset, dan setelah sobat sadar semua contack sudah tidak ada di hp sobat. Kan bikin nyesek ya kan..

Untuk membackup SMS dan contact sangatlah mudah , sobat bisa backup dengan akun google atau dengan aplikasi backup sms dan contack..

4. Backup foto, musik, video dan file yang menurut kamu penting.

Nah ini yang sering terjadi . Saat sobat melakukan factory reset setelah sobat sadar foto, musik, video, dan file lainnya berada di dalam memory telefon. Yang ada semuanya sudah lenyap.

Jadi alangkah baiknya sobat cek dulu apakah file tersebut berada di penyimpanan memory telefon atau di memory card, jika berada di memory internal silahkan sobat backup ke memory card atau bisa backup ke akun google , google drive, dan lainya yang menyediakan penyimpanan secara online.

5. Backup aplikasi yang penting yang terinstal di telepon.

Langkah yang terahir sebelum melakukan factory reset atau kembali ke setelan pabrik, yaitu backup aplikasi yang menurut sobat penting , seperti whatsapp, intagram, facebook, game, dan aplikasi lain yang menurut sobat penting. 

Jadi setelah sobat melakukan factory reset , sobat tinggal pasang saja dan tidak perlu mendownload ulang lagi. 
Jadi hal ini akan menghemat kuota sobat juga.

Gimana sob.. sudah pahamkan hal apa saja jika sobat melakukan factory reset atau kembali ke pengaturan awal. Jika langkah di atas sudah sobat kerjakan semua , dan sobat sudah yakin untuk menghapus semua data di telepon sobat , silahkan lanjut ke step Factory reset atau kembali ke pengatural awal.

Ahir kata:
Semoga tutorial ini bisa bermanfaat dan membatu agar sobat tau apa keuntungan dan kerugian setelah melakukan factory reset.

No comments for "Penting!! Persiapan sebelum factory reset atau kembali ke pengaturan awal"

Iklan baca juga

Berlangganan via Email