Widget HTML Atas

Cara cek hp samsung asli atau palsu 100% akurat terbaru 2020

Cara cek hp samsung asli atau palsu 100% akurat terbaru 2020

Kayaknya di negeri kita ini sudah tidak asing asing lagi dengan smartphone samsung. Samsung, adalah salah satu vendor ponsel terkemuka yang hampir se

mua orang pasti sudah tau dan pasti sudah pernah menggunakan smartphone tersebut. Bahkan hampir semua orang menggunakan ponsel Samsung sebagai pilihan ketimbang merk-merk yang lain.

Mungkin karena merk Samsung ini sudah lama dan terkenal sejak dulu. Mengingat merk Samsung yang selalu populer di dunia smartphone, pasti banyak oknum curang yang menyalahgunakannya dengan membuat produk KW / replika demi kepentingan sendiri, bahkan dari segi luarnya terlihat sama dengan yang aslinya tapi dalamnya (hardware) jauh berbeda dengan yang aslinya.

Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa produk KW / replika di buat hampir sama dengan yang aslinya, mulai dari body maupun softwarenya, tapi dari segi hardwarenya, produk kw/ replika tidak akan bisa nyamain dengan aslinya.

Maka sobat harus berhati-hati ketika akan membeli ponsel, sobat harus mengecek dulu, asli atau palsu, spesifikasinya sesuai atau tidak dan lain sebagainya. Jadi sobat harus tau dulu bagai mana cara cek keaslian hp yang akan sobat beli.

Di bawah ini mungkin bisa jadi patokan untuk cek samsung asli atau kw, silahkan sobat simak baik baik tutorial di bawah ini.

4 Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu terbaru 2020

Dalam postingan kali ini DopTutorial akan berbagi trik atau tips bagaimana cara cek hp samsung asli atau palsu (replika) yang mungkin dari sahabat DopTutorial belum tau cara cek hp samsung asli atau palsu. Jadi sobat wajib membaca artikel ini secara berurutan, mulai dari cara pertama sampai cara yang terahir yang akan saya jabarkan.

1. Cek IMEI di Ponsel dan di Dus 



Pertama-tama yang harus sobat cek adalah samakan nomor IMEI di hp samsung dan IMEI di dus. Carak cek IMEI sebagai berikut:
  • Tekan  *#06# pada menu Dial kemudian Call (tekan tombol telepon).
  • Maka akan muncul informasi mengenai IMEI sobat yang terdiri dari IMEI1 dan IMEI2 (jika sobat menggunakan hp yang satu kartu maka di hp tersebut hanya memiliki 1 IMEI saja). 
  • Silakan sobat cocokkan IMEI yang terdapat pada ponsel sobat dengan Imei yang ada di dus. Pastikan Imeinya sama ya sob, jika tidak sama, berarti kemungkin HP samsung sobat tidak asli atau palsu.
2. Cek Tipe Ponsel Samsung langsung melalui Website


Untuk cara yang kedua adalah mengecek tipe hp Samsung sobat, apakah tipenya sesuai dengan yang sobat miliki atau tidak. caranya sebagai berikut:
  • Kunjungi situs IMEI.info untuk pengecekan tipe hp Samsung sobat. Masukkan IMEI sobat pada kolom yang telah disediakan. Centang I’m not a robot, kemudian klik tombol Check.
  • Maka Akan muncul tampilkan informasi mengenai tipe HP sobat beserta vendor (brand) dari HP tersebut. Pastikan modelnya sama dengan HP Samsung yang sobat miliki, dan pastikan juga pada kolom Brand bertuliskan SAMSUNG untuk membuktikan bahwa merk HP yang sobat miliki adalah Samsung. 
  • Untuk informasi mengenai spesifikasi HP Samsung yang sobat miliki, juga dapat dilihat di samping kanan, di tabel ini sobat dapat mengetahui spesifikasi HP Samsung sobat, mulai dari tahun rilis, berat, jenis SIM yang digunakan, kapasitas baterai dll. Jika sobat ingin informasi lebih mengenai spesifikasi HP Samsung sobat tinggal klik  saja tombol Read more..
3. Cek buatan negara produk Samsung

Lahkah ketiga yang bisa sobat lalukan adalah mengecek ponsel atau HP Samsung sobat buatan dari negara mana. Untuk Beberapa ponsel Samsung ada yang diproduksi dari Cina, di Korea, di Amerika dan di negara-negara lainnya. Untuk mengeceknya ikuti langkah di bawah ini.


Buka lagi IMEI.info. Jadi begini loh sob, kode IMEI itu terdiri dari beberapa angka yang mempunyai arti. Coba sobat perhatikan digit ke-7 sama digit ke-8 pada IMEI ponsel sob├át.

Kedua digit angka tersebut merupakan arti kode dimana ponsel itu dibuat, entah itu dibuat di Eropa, diCina, diAmerika dan lain sebagainya. Tabel lengkapnya bisa anda simak dibawah ini:


Pada gambar tabel diatas, ponsel Samsung saya berati dibuat di finlandia. Bisa jadi pada HP sobat dibuat di negara lain, bukan dibuat di finlandia.

Emang di buat di negara tertentu mempengaruhi kualiatas? Saya pribadi si tidak sependapat dengan hal tersebut. Tapi saya pernah membaca di beberapa artikel di mbah google jika hp diproduksi di negara A kualitasnya sangat bagus, jika dibuat di negara B kualitasnya jelek dan jika dibuat dinegara C kualitasnya lumayan bagus.

Kembali lagi kalau menerut saya pribadi si sama saja
Karena pihak Samsung pastinya sudah menerapkan SOP yang sudah pasti sama di masing-masing negara dan patinya sebelum dipasarkan pasti diuji dulu.

Kalau ngomongin soal kualitas, namanya juga buatan manusia pasti ada saja beberapa produk yang cacat yang beredar di pasaran, bisa di sebut gagal produk, bukan hanya pada hp Samsung saja yang mengalami gagal produk, tapi juga para pesaing pesaing ternama lainnya seperti Asus, LG, Oppo dan lain-lain juga pasti ada yang mengalami hal serupa.

Banyak yang bertanya gini. ponsel saya diproduksi di negara misal korea, kok di dus tulisannya “Made in Indonesia” itu gimana gan?..

Jadi begini sob,di setiap negara misal di Indonesia ada aturan TKDN untuk ponsel 4G, sehingga mau tidak mau vendor ponsel harus memenuhi 20% kandungan lokal, entah itu dari komponennya maupun hanya proses perakitannya saja.

Tapi yang saya tahu, komponen-komponen utamanya dari produk samsung itu berasal dari negara lain sedangkan untuk perakitan dan pemasarannya dilakukan di Indonesia.

Maka tidak heran lagi banyak vendor ponsel yang mulai mendirikan cabang perusahaannya di negeri kita ini Indonesia. Oleh karena itu, pada dus bertuliskan “Made in Indonesia” kesimpulanya karena di rakit di indonesia dan di pasarkan pula di indonesia jadi bertuliskan juga mad in indonesia.

4. Cek Hardware Ponsel sobat

Untuk yang terakhir kita akan mengetes komponen / hardware yang terdapat pada ponsel samsung tersebut, seperti tes layar LCD, getaran (vibration), sensitivitas sentuhan layar, kamera, speaker dan lain lain.  cara ceknya hardware pada HP Samsung sebagai berikut:
  •  Tekan *#0*# kemudian Call (tekan tombol telepon).
  •  Maka secara otomatis sobat akan meliat opsi menu-menu yang kurang lebih seperti gambar dibawah ini. Menu-menu ini dapat digunakan untuk mengecek komponen / hardware pada HP Samsung sobat.
  • Tapi jika setelah sobat ketik *#0*# tidak muncul apa apa. Kemungkinan besar ponsel samsung sobat adalah palsu atau replika.
Kurang lebih seperti itu  untuk cara cek hp samsung asli atau palsu yang perlu ketahui. jangan sampai sobat terjebak atau tertipu dengan produk KW / replika yang luarnya bisa dibilang sama tapi jeroan / hardwarenya berbeda dengan yang original.

No comments for "Cara cek hp samsung asli atau palsu 100% akurat terbaru 2020"

Iklan baca juga

Berlangganan via Email